Tuesday, January 15, 2013

Tips membeli Laptop bekas / second yang bagus

Tips membeli Laptop bekas / second yang bagus

Membeli Notebook atau Laptop second tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena membelil notebook second tidak semudah membeli notebook baru. Untuk notebook baru mungkin anda hanya bingung menentukan pilihannya saja. Tapi tidak untuk notebook second ada banyak hal yang perlu diperhatikan.
Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda membeli notebook second.
Kalau memang berniat membali sebuah Laptop baru memang tidak sulit, karena memang kondisi laptopnya new. Namun apabila anda membeli laptop second atau bekas? yuk simak tips membeli laptop second / bekas agar anda tidak salah pilih:

1. Cek Fisik
Anda bisa memulai mengecek dari kondisi fisiknya, sudah jelas apabila masih mulus berarti sang pemilik rajin merawat laptopnya artinya tidak sembarangan ia menggunakan laptop. Lihat juga bagian Touchpad, Keyboard, apabila terawat pasti tak sampai keyboardnya rusak.

2. Cek Spesifikasi dan Komponen Notebook
Komponen yang ditanam dalam notebook juga cukup penting diperhatikan. Biar anda tidak kecewa dikemudian hari gara – gara performa notebook yang tidak sesuai dengan harapan.

  • Processor
Untuk saat ini sebaiknya anda membeli notebook second berprocessor minimal Pentium III. Processor ini masih mampu menjalankan sistem operasi modern seperti Windows XP dengan cukup baik. Tapi bila anda ingin sebuah koneksi WiFi, sebaiknya pilih notebook yang mempunyai processor pentium IV. Kebanyakan notebook yang berprocessor pentium IV atau yang setara telah mendukung teknologi WiFi. Lebih baik lagi bila anda memilih notebook yang telah berlabel teknologi centrino.Rata – rata notebook yang telah berlabel Centrino harganya sudah turun jauh.

  • Memory
Memori RAM untuk notebook harganya memang sedikit mahal dibanding desktop, jadi teliti RAM yang ditanam di dalam notebook tersebut. Teliti kapsitas RAM dan periksa apakah bisa di upgrade dengan mudah jika suatu saat anda menginginkannya. Disarankan agar laptop punya kapasitas RAM minimal 512 Mb.
Kapasitas Hardisk
Laptop lama mungkin hanya punya kapasitas harddisk maksimal 40 Gb. Bahkan ada yang hanya 10 Gb. Tentukan kapasitas yang memenuhi kebutuhan anda dalam menyimpan data.

  • Baterai
Baterai bekas biasanya lemah. Pertimbangkan apakah anda memerlukan baterai baru. Jika misalnya laptop hanya akan dipakai di rumah, anda mungkin tidak perlu baterai baru dan bisa mengandalkan daya listrik.

3. Cek Kelengkapan
Tanyakan kelengkapan laptop yang dijual, seperti Dus book, CD Driver, Batterai, Charger. Hati-hati dengan CD Driver karena apabila OS laptop anda rusak tanpa CD Driver ini akan tidak bekerja secara maksimal.

4. Cek Usia
Jangan lupa juga untuk menanyakan usia laptop yang ingin anda beli. Apabila usia laptop yang sudah lama pemakaian pasti kinerjanya juga akan lebih rendah. Lebih anda benar-benar mempertimbangkan masalah ini, mungkin anda tidak tau kalau ini sudah dipakai puluhan tahun.

5. Cek Harga
Lihat harga yang dijual, bagaimana mengetahui kalau ini barang bagus atau tidak? harga yang sangat murah dengan harga yang agak sedikit mahal pasti berbeda. Dalam kondisi ini, harga yang lebih mahal biasanya memiliki kondisi yang lebih bagus dari pada yang dijual dengan harga murah. Tapi bukan berarti yang murahan berkualitas jelek tetapi lebih baik anda tidak terkecoh karena harga yang lebih pas dikantong.

Semoga tips membeli laptop second / bekas ini bermanfaat, gunakan seperlunya saja dan jangan sampai penjual marah gara-gara anda terlalu banyak bicara. Thank you

diatas adalah tips untuk memilih laptop second yang baik, sekarang bagaimana bila Tips untuk memilih Komputer / PC second yang bagus ?

Artikel Terkait

Tips membeli Laptop bekas / second yang bagus
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 comments: