Monday, February 18, 2013

Membuat Web Hosting Sendiri gratis dari YouHosting

WebHosting sendiri
Tutorial cara untuk membuat layanan web hosting sendiri dengan menggunakan YouHosting.
Kita bisa saja dengan sangat mudah membuat webuah website penyedia layanan WebHosting proffesional dengan gratis, YouHosting lah yang mampu mendukung kita untuk melakukan hal itu, kita diberikan modal untuk membuat layanan hosting sendiri dengan menggunakan Domain yang telah kita meiliki juga.

Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.
Sekarang ini ada banyak layanan webhosting, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar, mulai berfitur vistapanel hingga cpanel dan tentu mematok harga yang berbeda-beda pula sesuai dengan layanan yang mereka berikan.
Tidak semua dari jasa webhosting mempunyai server sendiri, ada diantara dari berbagai layanan tersebut yang menggunakan reseller hosting, karena tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membuat sebuah server. 
Youhosting adalah salah satu perusahaan webhosting yang menyediakan server, admin control panel, client control panel, help desk, payment gateway dan otomatisasi dan lain-lain yang disediakan gratis untuk para resellernya.
Anda tidak perlu repot-repot membangun server untuk jasa webhosting yang inginkan, anda cukup membeli sebuah domain untuk alamat jasa webhosting anda serta bisa digunakan untuk subdomain dari para client anda.
Untuk teman-teman yang tertarik ingin membuat situs penyedia hosting gratis silahkan simak baik-baik panduan berikut ini.

Langkah I
Sediakan domain untuk webhosting anda (Domain disini harus sudah Top Level Domain, contoh .com .net .org DLL) YouHosting sekarang sudah tidak support lagi untuk domain gratisan .TK , jika anda ingin menggunakan webhosting ini menjadi berbayar dan juga agar terlihat lebih proffesional saya sarankan untuk membeli Top Level Domain seperti ( .com, .net, .org, .us, .biz dsb) namun jika untuk coba-coba bisa menggunakan domain gratisan seperti .tk dll, kemudian setting nameservernya menjadi :
NS1.MAIN-HOSTING.COM
NS2.MAIN-HOSTING.COM
NS3.MAIN-HOSTING.COM
NS4.MAIN-HOSTING.COM
NS5.MAIN-HOSTING.COM

Langkah II
Mendaftar menjadi reseller webhosting dari youhosting di

1. Kunjungi www.youhosting.com
2. Klik SignUp untuk mendaftar, kemudian isikan data yang dibutuhkan.
3. Setelah selesai mengisikan data yang dibutuhkan, klik Register untuk mendaftar keanggotaan reseller youhosting
4. Silahkan cek E-mail yang sudah anda pergunakan untuk mendaftar tadi, buka E-mail dari youhosting untuk mengkonfirmasi pendaftaran.
5. Jika telah aktif silahkan login dengan akun youhosting anda.

Langkah III
Memilih Hosting Plans


1. Setup feature sets dan hosting plans.
Silakan anda atur feature sets di “Configuration -> Manage Feature Sets” dan untuk mengatur hosting plans ada di bagian “Configuration -> Manage Hosting Plans” disini anda bisa mengatur apakah client anda harus membayar ataukah tidak.
2. Configure payment gateways.
Jika anda mau menyediakan hosting berbayar juga silakan setting payment gateway di bagian “Configuration -> Manage Payment Gateways“.

Langkah IV
Mensetting dan mendesain webhosting
Setelah Login tugas anda sekarang adalah melakukan setting dan membuat halaman utama situs penyedia hosting gratis anda, silahkan install  halaman utama penyedia hosting gratis anda, yaitu dengan masuk ke menu Look and Feel – Install Main Website. Anda bisa mendownload template webhosting dari internet dan bisa mengkostumisasinya sendiri sesuai keinginan.
Caranya adalah :

Dari halaman setting atau pengaturan Youhosting, pilihlah menu Configuration, lalu pilih Master Domains, setelah itu akan tampil Domain utama situs anda pada kolom sebelah kanan, selanjutnya klik pada pilihan Manage maka anda akan diarahkan pada pilihan menu pilih filemanager untuk mengupload file-file yang sudah anda desain untuk tampilan webhosting anda tadi.

Langkah V
Percantik tampilan webhosting anda


Selain pengaturan utama seperti diatas, kamu bisa juga mempercantik situs penyedia hosting gratismu dengan tampilan dan logo buatan anda sendiri agar terkesan lebih professional dan tidak begitu terlihat layaknya reseller hosting gratisan.
Jika kamu ingin merubah tampilan situs webhosting gratisan anda silahkan coba saja edit melalui menu Look and Feel – Logo Header Footer

Demikian penjelasan singkat bagaimana cara membuat webhosting sendiri, Sebagai contoh yang telah saya daftarkan disana adalah :
cpanel.unyu-id.com

Reseller hosting

Artikel Terkait

Membuat Web Hosting Sendiri gratis dari YouHosting
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

4 comments

April 7, 2013 at 9:09 PM Delete

agan saya mau tanya,
cara untuk mengganti nameserver di TK tuh dmna ya .

Reply
avatar
April 22, 2013 at 8:56 AM Delete

Login ke my.dot.tk pilih domain kamu dan edit :)

Reply
avatar
August 19, 2013 at 9:06 AM Delete

trus, itu gmn biar bisa aktif , apa harus merubah nameservernya , atau mesti bayar?

Reply
avatar
December 13, 2013 at 8:29 PM Delete

kalau punya domain yg nganggur knp gak bisa digunakan???

Reply
avatar